Thursday, April 21, 2011

AREA 51

Di suatu tempat di gurun Nevada terdapat sebuah pangkalan militer yang kehadirannya diselimuti oleh kerahasiaan. Pemerintah AS yang bahkan menyangkal keberadaannya. Pangkalan itu dibangun bersama-sama oleh CIA dan semua pilot, kru darat, dan staff yang pensiun dini dari departemen militer awal mereka dan bergabung dengan CIA sebelum akhirnya bekerja di tempat itu. Sebagai sebuah instalasi milik CIA, pangkalan ini beroperasi sendiri, lepas dari departemen pemerintah lainnya. Hingga saat ini, tanda yang ada di pintu masuk pangkalan itu memperingatkan kepada semua pengunjung bahwa mereka tidak memiliki hak secara hukum untuk berada di kawasan itu dan penjaga-penjaga bersenjata mengawasi batas-batas wilayahnya. Inilah tempat rahasia mengenai UFO yang paling terkenal yang sekarang menjadi titik ziarah para pengamat alien. Inilah Area 51.

Dibangun pada tahun 1950an di sekitar pangkalan Angkatan Udara Groom Lake dan bersebelahan dengan area pengujian bom atom di Nevada, Area 51 menjadi tempat yang sempurna untuk melakukan uji coba pesawat rahasia. Pangkalan ini memiliki landasan udara yang rata dan luas, hanya ada sedikit penduduk lokal, dan reputasi yang sangat buruk bagi para pemukim baru karena letaknya yang berdekatan dengan polusi nuklir. Pada awalnya, Area 51 dibangun murni untuk menguji pesawat mata-mata U2. Karena kesuksesan yang luar biasa dalam program percobaan itu, akhirnya semua pesawat rahasia milik pemerintah AS diujicoba di sana. Pangkalan itu kemudian membesar hingga sepanjang tiga mil. Pesawat-pesawat semacam Blackbird dan Stealth dikembangkan di sana dan ribuan teknologi yang tak dikenal dikembangkan di hanggar-hanggarnya. Banyak orang yang meyakini bahwa teknologi-teknologi itu, secara harafiah, berasal dari planet lain, dan pangkalan itu sebenarnya adalah sebuah zona percobaan dan tempat menyembunyikan pesawat alien. Pada malam hari, cahaya-cahaya yang aneh terlihat di langit di atas pangkalan itu dan banyak saksi yang meyakini bahwa tempat itu menyembunyikan instalasi bawah tanah yang luar biasa luas.

Pengetahuan yang lebih mendalam mengenai operasi pangkalan itu datang dari satu orang bernama Bob Lazar. Lazar adalah seorang ilmuwan yang bekerja di perusahaan bernama EG & G di tahun 1989 yang konon mengerjakan sebuah proyek tenaga penggerak pada pusat pengujian di sebuah wilayah dekat Area 51, pangkalan yang disebut dengan S4. Lazar mengungkapkan bahwa dia dan beberapa ilmuwan lainnya dipekerjakan untuk membedah sebuah pesawat alien dan berusaha membuat pesawat seperti itu dengan menggunakan komponen buatan manusia. Sebagai bagian dari pekerjaan mereka, para ilmuwan diberitahu mengenai peran alien-alien dalam sejarah Bumi, dan pada salah satu kesempatan, Lazar bahkan mengklaim bahwa ia pernah melihat alien hidup dengan mata kepalanya sendiri di S4.

Seiring berjalannya waktu, Lazar mengatakan ia telah memutuskan melawan pihak yang mempekerjakannya. Pada suatu sore di tanggal 22 Maret 1989 ia dan temannya keluar ke jalan Groom Lake dan menonton sebuah percobaan penerbangan piring terbang. Minggu berikutnya Lazar dan temannya serta tiga orang lainnya mendatangi area yang sama. Mereka melihat sebuah piring terbang, yang digambarkan oleh Huff sebagai “kengerian seumur hidup”. Piringan yang mereka lihat memancarkan cahaya yang sangat terang dan terbang begitu dekat sehingga memaksa mereka untuk mundur. Minggu berikutnya, ketika sedang dalam perjalanan pulang setelah melihat UFO, kelompok ini ketahuan dan dicegat oleh pihak keamanan pangkalan yang kebetulan sedang berpatroli di wilayah sekeliling area. Hari berikutnya Lazar dipecat dari EG & G. Selanjutnya Lazar mengungkapkan bahwa ada sembilan piring terbang disimpan di S4.

Beberapa hal yang masih menjadi misteri mengenai pangkalan itu terdengar lebih nyata dibandingkan lainnya. Jalan menuju Area 51 dijuluki sebagai ‘The Widow’s Highway’ sebab banyak pekerja yang bekerja di pangkalan itu mati akibat bersentuhan dengan materi-materi yang mematikan. Banyak ahli yang menduga bahwa area tersebut adalah wilayah pembuangan zat-zat beracun, bukan sebuah pangkalan UFO. Dalam semua kasus, para pekerja di sana disumpah untuk tutup mulut dan tidak bisa mengungkapkan secara terperinci apa yang menyebabkan mereka sampai harus dirawat oleh dokter. Hal ini menjadi penyebab para istri mereka pernah mengajukan gugatan terhadap pemerintah AS, yang kemudian membantah tuduhan itu dengan mengatakan bahwa secara resmi tidak pernah ada yang namanya Area 51.  Meskipun demikian, sebuah pernyataan yang dibuat pada tahun 2001 oleh Presiden George Bush memang merujuk pada sebuah “lokasi operasi di dekat Groom Lake” yang merupakan pengakuan resmi atas Area 51. Namun Bush juga menyatakan bahwa situs itu dikecualikan dari tuntutan pengungkapan lingkungannya, jadi para janda itu masih memperjuangkan kasus mereka. Namun setidaknya kita tahu sekarang bahwa tempat itu bukanlah khayalan kita semata.

(diterjemahkan dari buku 100 Strangest Mysteries)

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...