Monday, March 25, 2013

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN REKLAMASI LAHAN?


Beach nourishment
Istilah “reklamasi lahan” digunakan untuk menggambarkan dua aktivitas yang berbeda. Pertama, reklamasi lahan adalah kegiatan mengubah lahan basah atau jalur air menjadi lahan yang bisa digunakan, umumnya dalam tujuan pengembangan. Kedua, reklamasi lahan adalah sebuah proses di mana lahan yang rusak diperbaiki ke keadaan alaminya. Di kedua aktivitas tersebut, istilah reklamasi lahan digunakan untuk mengacu kepada semacam proses yang dirancang untuk mengubah karakteristik sebidang lahan secara mendasar dalam rangka mencapai sebuah tujuan.
Praktek mengubah lahan basah dan jalur air untuk tujuan menambah lahan merupakan praktek yang sudah ada semenjak zaman dahulu kala. Manusia cenderung untuk tinggal di dekat air sebab mereka membutuhkan air tersebut untuk bertahan hidup dan juga karena jalur air bisa dipakai sebagai metode transportasi manusia maupun barang. Pada saat permukiman manusia berkembang semakin luas, tekanan atas lahan yang ada juga meningkat dan manusia bisa memperluas lahan dengan cara menguruk wilayah di sekitarnya. Reklamasi lahan dalam sejarahnya dilakukan dengan memanfaatkan sampah dan material penguruk lainnya, sehingga wilayah-wilayah reklamasi menjadi sangat tidak stabil dan cenderung mengakibatkan munculnya lubang besar pada tanah (sinkhole).

Lahan yang direklamasi juga bisa berharga sangat mahal sebab lokasinya terletak di dekat air yang punya daya tarik bagi banyak penghuni. Orang-orang sering mau membayar premi bagi lahan reklamasi, terutama jika mereka pernah tinggal dan berbisnis di daerah tepi perairan dan reklamasi tersebut membuat posisi tanah mereka menjadi semakin ke pedalaman. Di beberapa wilayah di dunia, proses reklamasi itu telah terjadi sangat lama sehingga orang-orang tidak menyadari bahwa mereka tinggal dan berbisnis di atas lahan yang dibuat dengan cara artifisial.
Reklamasi lahan juga digunakan untuk memperbaiki kerusakan lingkungan. Sebagai contoh, jika sebuah pantai mengalami erosi yang sangat parah, beach nourishment (mengambil pasir di tempat lain dan diurukkan di wilayah pantai yang tererosi itu) bisa gunakan untuk memperbaiki pantai ke keadaannya semula, sebuah metode yang dirancang untuk melestarikan lingkungan alami yang telah ada sebelumnya. Reklamasi lahan juga digunakan di wilayah-wilayah yang mengalami penggurunan dengan tujuan mengubah lahan kering itu menjadi tanah pertanian. Wilayah-wilayah seperti Kalifornia Selatan didiami setelah reklamasi membuat wilayah tersebut bisa dimanfaatkan, sementara di beberapa bagian di benua Afrika dan Asia (di mana gurun masih mengalami perluasan) reklamasi dilakukan agar lahan masyarakat tetap utuh.
Para pakar lingkungan juga menggunakan sejenis reklamasi untuk memperbaiki lahan yang pernah mengalami kerusakan lingkungan. Sebagai contoh, lahan yang sudah sangat tercemar bisa dicantumkan dalam rancangan reklamasi lahan yang didesain untuk menghilangkan polutan-polutan yang ada dan memunculkan kembali tanaman-tanaman dan spesies-spesies hewan-hewan asli. Lahan basah yang rusak, termasuk yang pernah diuruk untuk dimanfaatkan, bisa juga direklamasi ulang melalui proses pemulihan lingkungan yang berjalan lambat.

Diterjemahkan dari wisegeek.com

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...